Teori Kutub Pertumbuhan

By | December 29, 2021

Teori Kutub Pertumbuhan. Konsep ‘ growth pole’ atau dikenal sebagai konsep ‘kutub pertumbuhan’ dibangun oleh perroux pada tahun 1955. Prinsip dan teori kutub adalah terjadinya pertumbuhan dan perkembangan wilayah dimulai dan sebuah kota tertentu menuju daerah yang tingkatannya lebih rendah.

Pusatpusat Pertumbuhan Ekonomi Baru Dalam Bahasa Inggris
Pusatpusat Pertumbuhan Ekonomi Baru Dalam Bahasa Inggris from kacabaca.co

Prinsip dan teori kutub adalah terjadinya pertumbuhan dan perkembangan wilayah dimulai dan sebuah kota tertentu menuju daerah yang tingkatannya lebih rendah. Konsep ‘growth pole’ atau dikenal sebagai konsep ‘kutub pertumbuhan’ dibangun oleh perroux pada tahun 1955. Beberapa model pembangunan wilayah ini sudah tersebar dalam berbagai literatur.

Tempat Atau Lokasi Yang Menjadi Pusat Pembangunan Atau Pengembangan Dinamakan Kutub Pertumbuhan.

Teori kutub pertumbuhan pertama kali diperkenalkan oleh ekonom perancis perroux, 1950, dengan teorinya pole de croisanse, yang menyatakan pertumbuhan tidak muncul disetiap tempat secara simultan dan serentak. Teori kutub pertumbuhan teori kutub pertumbuhan pertama kali diperkenalkan oleh ekonom perancis yaitu perroux pada tahun 1950 dengan teorinya pole de croisanse, yang menyatakan pertumbuhan tidak muncul di setiap tempat secara simultan dan serentak (arsyad, 1999). Teori ini dikembangkan oleh ahli ekonomi perancis francois perroux pada tahun 1955.

Secara Esensial Teori Kutub Pertumbuhan Dikategorisasikan Sebagai Teori Dinamis.

Teori kutub pertumbuhan yang terkenal dikembangkan oleh francois perraoux seorang ahli ekonomi perancis yang berpendapat bahwa fakta dasar dari perkembangan spasial, sebagaimana halnya dengan perkembangan industri, adalah bahwa pertumbuhan tidak terjadi di sembarang tempat dan juga tidak terjadi secara serentak, pertumbuhan itu terjadi pada titik. Teori kutub pertumbuhan konsep kutub pertumbuhan ( growth pole concept ) dikemukakan oleh perroux , seorang ahli ekonomi prancis (1950). Pembagian kelas industri menurut teori ini adalah propulsive industry (industri pendorong) dan leading industry (industri yang sedang berkembang).

Teori Kutub Pertumbuhan Konsep Kutub Pertumbuhan (Growth Pole Concept) Dikemukakan Oleh Perroux, Seorang Ahli Ekonomi Prancis (1950).

Konsep ini didasarkan pada teori Teori kutub pertumbuhan konsep kutub pertumbuhan ( growth pole concept ) dikemukakan oleh perroux , seorang ahli ekonomi prancis (1950). Prinsip dan teori kutub adalah terjadinya pertumbuhan dan perkembangan wilayah dimulai dan sebuah kota tertentu menuju daerah yang tingkatannya lebih rendah.

Teori Growth Pole Atau Teori Kutub Pertumbuhan D Ipelopori Oleh Francois Perroux Seorang A Hli Ekonomi Regional Be R Keb A Ngsaan Perancis.

Teori ini menyatakan bahwa kutub pertumbuhan ialah pusat layanan tempat gaya sentripetal berada. Growth pole theory (kutub pertumbuhan) teori ini dikembangkan oleh ahli ekonomi perancis francois perroux pada tahun 1955. Teori kutub pertumbuhan growth pole theory.

Dalam Teori Ini, Perroux Menegaskan Bahwa Pembangunan Suatu Wilayah Merupakan Proses Yang Tidak Terjadi Secara Bersamaan, Namun Terjadi Di Beberapa Tempat Tertentu Dengan Kecepatan Dan Intensitas Yang Berbeda Satu.

Konsep ‘growth pole’ atau dikenal sebagai konsep ‘kutub pertumbuhan’ dibangun oleh perroux pada tahun 1955. Demikian disebutkan dalam buku geografi sma xii ips tulisan yoga ariwibowo. Sebagai akibat dari ketidaksempurnaan pendekatan klasik tersebut kemudian timbullah permikiran baru yaitu teori kutub pertumbuhan (growth pole).

Leave a Reply

Your email address will not be published.